Detikpost.id - Perusahaan ternama J.CO yang berada di Artos Mall salah satu mall terbesar di Magelang diduga arogan dan tidak ramah dalam melayani konsumennya, Senin (05/08/2024).
Peristiwa ini dialami (AB) yang saat itu bermaksud akan membeli produk J.CO. Salah satu karyawan berinisial (H) saat itu mengatakan, "mau beli yang promo atau biasa? jika biasa bisa langsung pesan, namun jika ingin beli yang promo bisa antre, sambil menunjuk kearah antrean diluar ruangan. Bermaksud ingin mengetahui program promonya (AB) mengatakan, "untuk promonya apa ya?
(H) mengatakan, "untuk promonya 100ribuan dapat 2 dos tapi antre disana, lalu (AB) mengatakan "baik saya ambil yang promo, "silahkan antre disana,'lanjut (H).
Kemudian (AB) bermaksud mengantre untuk mengambil paket promo. Setibanya ditempat antrean (AB) ikut mengantre dan berdiri dibelakang orang yang sudah mengantre sebelumnya,yang posisinya berada didepannya (AB). Lalu beberapa saat kemudian terlihat pintu ruangan dibuka dan orang didepan saya memasuki ruangan yang kemudian dilanjutkan saya dan beberapa orang yang lain juga memasuki ruangan. Setelah saya masuk ruangan tiba-tiba saya didorong dengan agak kuat oleh karyawan J.CO (H) hingga saya mundur beberapa langkah sampai saya keluar dari ruangan. (H) mengatakan, "Saya tadi sudah bilang, anda silahkan antre! hingga beberapa orang disekitar melihat kearah saya dan saya mencoba menjelaskan pada (H) pada saat itu,namun apa yang saya sampaikan tidak didengarkan dan (H) hanya bilang,"antre dari sana! dengan menunjukkan arah yang dituju sambil membetulkan tali batas antrean yang diduga sudah terlepas sebelumnya lalu (H) menutup pintu ruangan.
Dirasa tidak mendapatkan perlakuan yang baik dan ramah oleh (H),kemudian (AB) bermaksud klarifikasi dan menjelaskan kejadian yang sebenarnya terjadi pada (H) dengan memasuki ruangan lewat sisi luar ruangan yang disitu orang bisa akses keluar masuk ruangan.Setelah didalam ruangan (AB) menjelaskan kejadian yang sebenarnya terjadi pada (H) namun penjelasan (AB) seakan tidak dihiraukan.
(AB) mengatakan, "Saya tidak tahu antrean dimulainya dari sebelah mana,karena didepan saya tadi juga ada orang yang mengantre yang juga pada akhirnya memasuki ruangan, kenapa orang yang tadi didepan saya juga tidak ikut didorong keluar ruangan? dan diluar sana juga didapati tidak ada karyawan yang mengatur antrean dan tidak adanya penjelasan terkait dengan produk promo, 'tuturnya.
(H) Kemudian memberikan keterangan, "saya tadikan sudah bilang silahkan antre! 'antre disebelah sana! dengan menunjuk kearah yang ditunjuk dari dalam ruangan dan (H) berdalih jika disekitar antrean tersebut terdapat karyawan yang mengatur antrean.
(AB) mengatakan, "Anda tadi langsung mendorong saya sampai keluar ruangan dengan bilang "anda silahkan antre! kemudian anda langsung membetulkan batas antrean sisi bagian samping yang diduga terlepas dari ikatan sebelumnya,lalu pintu ditutup dan tidak menghiraukan yang saya jelaskan "saya juga bermaksud mengantre mas, didepan saya juga ada orang yang antre dan mereka juga masuk ruangan,dan anda berbohong kalau disekitar antrean ada karyawan yang mengatur, kenyataannya tidak ada yang mengatur antrean mas,jadi sayapun tidak tau antre dibagian sebelah mana,
(H) tetap masih berdalih dengan mengatakan, "disana ada orang yang mengatur, dan hanya menunjuk, antreannya dimulai disebelah sana,dengan menunjukkan kearah yang dimaksud sambil beraktivitas kembali menata dan memindahkan roti ketempat penyajian tanpa adanya penjelasan yang ramah dan baik ke konsumen.
"Karena merasa tidak diperlakukan dengan ramah dan baik lalu (AB) mengatakan, "Mas boleh saya bicara dengan pimpinan agar saya bisa menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi?
"Saya pimpinan disini dan saya manager disini, silahkan kalau tidak berkenan 'tutur (H).
Kemudian (AB) mengatakan, "baik kalau begitu,saya akan sampaikan ke pihak management artos dan pihak J.CO mungkin ke kantor pusat ya, kebetulan saya juga bekerja dimedia, yang dalam hal ini saya hanya ingin menuntut hak saya sebagai konsumen yang tidak mendapatkan pelayanan dan perlakukan baik oleh anda.
Lalu (H) menjawab "silahkan-silahkan, kalau mau disampaikan ke management dan diliput atau diberitakan, dengan berbicara tidak menghadap ke lawan bicara dan sambil kembali beraktivitas menata roti ditempat yang disajikan dengan seolah tidak menghiraukan dan mendengarkan apa yang disampaikan konsumen.
Terkait dengan kejadian tersebut, saya sudah memberikan masukan dengan menulis pesan dan saran lewat customer service Artos Mall untuk bisa disampaikan ke management dan pihak J.CO dengan maksud agar kedepannya dapat memberikan pelayanan yang baik agar kejadian serupa tidak terulang pada konsumen yang lain 'pungkasnya. (Red)