DETIK POST

Proyek Dana Desa Tahun 2024 Desa Sidomukti Diduga adanya Mark Up Anggaran



Karanganyar | Detikpost.id - Presiden Joko Widodo menggelontorkan dana untuk percepatan pembangunan melalui Dana Desa ke tiap wilayah-wilayah di seluruh Indonesia.


Salah satu di Desa Sidomukti Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Saat tim media dan lembaga berdasarkan informasi masyarakat melakukan investigasi ke lapangan. Dan di beberapa lokasi di Desa Sidomukti kami menemukan proyek pembangunan Halaman TK 02 Sidomukti Noyu dengan Anggaran Rp48.425.000,00, Pembangunan Betonisasi JUT Dukuh Telo RT 004/003 Anggaran Rp18.085.000,00, Pembangunan Betonisasi Halaman TK 03 Sidomukti Anggaran Rp15.010.000,00, Pembangunan Pengadaan Lampu Lapangan Desa Anggaran Rp21.6700.000,00 saat tim kroscek kebeberapa titik menemukan kejanggalan Anggaran yang tidak sesuai dengan fisik dilapangan dan Diduga adanya Mark Up Anggaran Dana Desa oleh Oknum Perangkat Desa Sidomukti.


Lebih lanjut kami mendapatkan informasi dari warga terkait kolam renang yang Diduga mangkrak dan belum pernah digunakan sama sekali menurut informasi yang kita gali dari masyarakat. Tim langsung klarifikasi ke Kades Desa Sidomukti, dan beliau saat kami konfirmasi terkait beberapa poin proyek yang dilapangan, Suwarjo selaku Kades mengatakan masalah pembangunan saya tidak begitu detail mengetahui mas karena yang mengerjakan langsung TPK nya, "ungkapnya. Dan masalah adanya sisa anggaran nanti saya akan evaluasi ulang bila adanya sisanya nanti akan dikembalikan ke Desa, "tambahnya. Selasa (04/06/2024).


Dari keterangan Kades juga mengungkapkan bahwa, semua terkait anggaran desa yang lebih mengetahui adalah Carik/Sekdes. Beliau juga menyampaikan jika Desa Sidomukti terus terang saja, " iya benar saya ini Kepala Desa akan tetapi, semua kewenangan di desa ini seakan saya di setir oleh para perangkat desa. Tetapi jika ada suatu permasalahan yang terjadi saya sebagai kepala desa yang selalu bertanggung jawab," pungkasnya.


Dan terkait adanya kolam renang yang mangkrak beliau juga mengakui itu tetapi masalah anggaran berapa beliau sudah lupa berapa total anggaran pembangunan kolam renang yang sekarang berujung mangkrak.


Berdasarkan beberapa temuan ini kami juga akan melaporkan ke dinas-dinas terkait, Inspektorat, Kejaksaan Tinggi dan Juga Aparat Penegak Hukum wilayah Jawa Tengah untuk melakukan Audit Investigasi dan Audit Konstruksi terkait beberapa proyek pembangunan di Desa Sidomukti. (Tim/Red)
SPONSOR
Lebih baru Lebih lama
DETIK POST